Chrome Pointer

Selasa, 02 April 2013

CARA KERJA FLASHDISK



Flashdisk merupakan media penyimpanan dengan ukuran kecil sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana. Meskipun ukurannya yang kecil flashdisk juga memiliki kapasitas yang lumayan besar untuk menyimpan data, kapasitas yang tersedia mulai dari 64 MB hingga 512 GB, bahkan kini telah ada flashdisk dengan kapasitas 1 TeraByte atau setara dengan 1.000 GB. Flashdisk memiliki penghubung USB (Universal Serial Bus), yang dihubungkan ke laptop atau komputer.  Dengan ukuran yang kecil flashdisk dapat menyimpan, menghapus, atau mengganti data dengan cepat.
Bagian-bagian flashdisk pada umumnya dapat dilihat seperti gambar di bawah ini.

   



















1.      Sambungan USB
2.       Perangkat pengontrol penyimpanan massal USB
3.      Point test (Titik-titik percobaan)
4.       Chip flash memory
5.       Oscillator kristal
6.       LED (Lampu indikator)
7.      Write-protect switch
8.       Ruang kosong untuk chip flash memory kedua

Penjelasan dari bagian flashdisk dan cara kerjanya sebagai berikut:

1.      Konektor berfungsi untuk menghubungkan peripheral yang terdapat dalam flash disk ke port USB untuk kemudian di akses oleh SO.
2.       Pengontrol penyimpanan memory berfungsi mengontrol dan menyediakan penghubung ke alat Flash disk yang bertugas menjaga kesetabilan perangkat. Pengontrol berisi suatu RISC mikro prosesor berukuran kecil dan hampir sama pada RAM.
3.      Lalu Point test ini berkerja selama perangkat mengecek dan mengirimkan kode ke microprocessor
4.      Setelah kita membuat suatu file dan menyimpannya di flash disk maka bagian ini adalah tempat menyimpan datanya, biasanya juga digunakan di dalam kamera digital.
5.      Perangkat ini menghasilkan 12 MHZ sinyal dari perangkat utama dan mengendalikan keluaran data perangkat sampai sebuah tahap penguncian.
6.       Lampu indikator berfungsi untuk menandai adanya transfer data atau adanya data yang dibaca dan data yang ditulis.
7.       Menandai apakah perangkat ada di dalam mode “write protection” atau tidak.
8.       Ruang kosong disediakan untuk tambahan satu flash memory, dan dapat digunakan untuk menyimpan data lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar